Resensi Buku How to Study by Phil Race


How to study merupakan buku pedoman yang tepat bagi mahasiswa agar sukses menjalani perkuliahan. Dalam buku ini dibahas berbagai hal yang mungkin menjadi kendala bagi mahasiswa seperti tujuan belajar, semangat belajar, cara belajar yang efektif. Selain itu, buku ini juga memaparkan langkah-langkah teknis yang lengkap seperti bagaimana membuat esai mulai dari merencanakan ide sampai penulisannya serta bagaimana menjalani wawancara dan melakukan presentasi.
Pada bagian awal, penulis berupaya meyakinkan pembaca bahwa belajar bukan merupakan hal yang sulit. Hal ini bisa dimulai dengan menyemangati diri untuk belajar. Setelah itu, penulis membahas mengenai mekanisme umum kegiatan-kegiatan perkuliahan seperti kuliah, praktikum dan komputer. Beberapa trik dapat digunakan agar kita bisa menjalaninya dengan sukses. Pada bagian ini belajar yang dimaksud adalah belajar untuk pemahaman karena penulis membedakan tipe belajar menjadi dua, yaitu belajar untuk pemahaman dan belajar untuk ujian.
Pada bagian tengah, penulis membahas tata cara penulisan esai. Penulisan esai dimulai dengan mengelola ide lalu menerjemahkannya menjadi tulisan. Pembahasan esai dilanjutkan dengan presentasi. Hal-hal yang dibahas adalah bagaimana cara menyajikan presentasi yang bagus, mulai dari jumlah slide, isi slide, penjelasan lisan, dll. Selain esai dan presentasi, penulis juga mengemukakan trik-trik belajar untuk ujian. Trik-trik dalam menghadapi ujian dibedakan menjadi tiga: sebelum ujian, saat ujian dan setelah ujian.
Pada bagian akhir dari buku ini penulis memberikan trik untuk mencari pekerjaan. Pembahasan dalam bab ini adalah bagaimana langkah-langkah melamar pekerjaan mulai dari cari info lowongan pekerjaan, persiapan berkas dan wawancara. Bahasan wawancara cukup menarik karena bisa diterapkan juga untuk wawancara mahasiswa.
Buku ini cukup bagus karena pembaca bisa membaca beberapa bab saja untuk mengambil informasi yang dibutuhkan. Trik-trik yang dikemukakan penulis merupakan trik-trik yang jarang digunakan oleh mahasiswa pada umumnya tetapi cukup tepat bila diaplikasikan.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s