Karakteristik Beberapa Parameter Cuaca dalam Rumah Kaca

Radiasi Surya

Ketika radiasi surya masuk kedalam rumah kaca, radiasi akan mengalami beberapa mekanisme: absorbsi, refleksi dan transmisi. Atap rumah kaca biasanya berwarna cerah dan transparan sehingga radiasi yang dipantulkan dan di transmisikan lebih besar dari yang diserap. Radiasi yang ditransmisikan akan masuk ke rumah kaca kemudian digunakan untuk proses fotosintesis tanaman. Radiasi yang ditransmisikan ini memiliki nilai yang lebih kecil dari pada insolasi tergantung dari bahan atap rumah kaca. Semakin tipis bahan atap maka radiasi yang ditransmisikan akan semakin besar dan berlaku sebaliknya.

Temperatur

Suhu udara merupakan ukuran panas yang terdapat di udara. Radiasi matahari yang ditransmisikan oleh atap rumah kaca akan memanaskan permukaan tanah ataupun tanaman melalui mekanisme absorbsi. Udara yang merupakan isolator yang baik tidak mampu mentransfer panas sehingga panas yang ditransfer dari permukaan akan secara efektif memanaskan suhu udara dekat permukaan.

Disisi lain, radiasi yang sampai ke permukaan juga mengalami refleksi sehingga radiasi dipantulkan lagi keluar. Radiasi pantul ini akan tertahan oleh atap rumah kaca sehingga panas dari radaisi ini akan tertahan di dalam rumah kaca sehingga suhu udara di dalam rumah kaca lebih panas.

Kelembaban Relatif

Kelembaban relative merupakan ukuran banyaknya air dalam suatu parsel udara. Nilai kelembaban relative ini tergantung dari ketersediaan air dalam rumah kaca dan radiasi matahari yang masuk kedalam rumah kaca. Adanya pembatas/ screen rumah keca menyebabkan angin yang sukar masuk ke dalam rumah kaca sehingga uap air akan terakumulasi di dalam rumah kaca.

Angin

Angin merupakan pergerakan udara yang biasanya disebabkan oleh perbedaan tekanan. Dalam tanaman, angina berfungsi selain untuk menyebarkan benih juga unutk menjada kandungan uap air di linkungan tumbuhan. Angina akan membawa udara kering dari tempat lain kesuatu tempat dan menggantikan udara basah di tempat tersebut. Adanya pembatas/ screen membuat pergerakan angina terhambat sehingga udara cenderung statis dan tidak mengalami pergantian dengan udara lain.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s