Indonesian Youth Conference: Momentum Kebangkitan Pemuda Indonesia

Festival Indonesian Youth Conference 2011 diadakan di Wisma Merdeka, Jakarta pada tanggal 16 Juli 2011 kemarin. Kegiatan ini bertujuan untuk membangkitkan semangat pemuda sebagai generasi penerus untuk memberikan solusi terhadap berbagai permasalahan yang ada di Indonesia. Pada Festival IYC 2011 ini terdapat berbagai kegiatan mulai dari sesi seminar, expo komunitas sampai diakhiri dengan pertunjukkan seni.

Peserta yang mengikuti Festival Indonesian Youth Conference 2011 mencapai lebih dari 800 orang. Peserta tidak hanya berasal dari Jakarta atau Jawa Barat, tetapi juga ada yang berasal dari Sulawesi dan Jawa Tengah. Jumlah peserta yang banyak ini membuktikan bahwa masih banyak pemuda Indonesia yang peduli akan nasib Bangsa Indonesia. Mereka ingin berkontribusi pada berbagai bidang yang menjadi fokusnya masing-masing untuk Indonesia yang lebih baik.

Pada festival ini juga terdapat expo beberapa komunitas pemuda dimana masing-masing komunitas memiliki fokus yang bervariasi seperti Sekolah Barsama Yuk (SBY), Sanggar Juara, Forum for Indonesia, Indonesia Future Leader (IFL), Kine Forum serta Wiser Earth. Komunitas-komunitas ini merupakan contoh wadah dimana para pemuda bisa beraktualisasi diri dan berkreasi berdasarkan keunggulan atau fokusnya masing-masing. Selain itu, dengan adanya expo komunitas ini, para peserta bisa membangun jaringan sesuai bidang yang diminatinya masing-masing.

Pada Festival IYC 2011 ini terdapat beberapa sesi seminar, yaitu pendidikan, media, kreativitas, lingkungan, diplomatik, politik, ekonomi, kewirausahaan, sudut pembaharuan, ekonomi, olahraga, anti-korupsi, gerakan pemuda serta surprise session. Pada masing-masing sesi terdapat pembicara yang kompeten di bidang tersebut, seperti Najwa Shihab dan Putra Nababan pada sesi media serta Joko Anwar dan Mirwan Andan pada sesi kreativitas.    Desi Anwar dan Jay Subiakto juga memberikan presentasi yang luar biasa pada surprise session di festival IYC ini.

Secara umum kegiatan ini berjalan lancar dan sukses. Panitia bekerja sangat baik dan profesional. Selain itu, masing-masing sesi juga berjalan cukup tepat waktu. Setelah kegiatan, para peserta merasakan banyak pengetahuan baru yang didapatkan dari kegiatan ini. Hal ini dapat dilihat ketika MC Darto menanyakan beberapa pertanyaan mengenai hal yang didapatkan kepada peserta. Peserta dengan tegas dan jelas dapat memberikan penjelasan mengenai materi yang telah disampaikan para pembicara.

Namun, menurut saya terdapat sedikit kekurangan dari kegiatan ini. Konferensi yang seharusnya diikuti oleh peserta yang tidak terlalu banyak dan masing-masing peserta menyampaikan pendapatnya mengenai suatu permasalahan tidak terdapat dalam festival IYC ini. Peserta hanya menerima materi yang telah disampaikan oleh para pembicara dan tidak ada sharing ide atau informasi antar peserta. Selain itu, kedekatan antar peserta juga sangat kurang, peserta cenderung berkumpul dengan temannya masing-masing sehingga tidak terbentuk jaringan yang baru.

Untuk memperbaiki itu, Festival IYC sebaiknya diadakan di tempat yang terpisah, misalnya di kota-kota besar di Indonesia dengan jumlah peserta yang proporsional untuk konferensi. Bentuk kegiatannya pun juga berbeda. Seharusnya sebelumnya diadakan seminar mengenai topik tertentu, setelah itu diadakan diskusi untuk mendapatkan solusi atas permasalahan yang dibahas antara masing-masing peserta sehingga antar peserta bisa saling mengenal dan memberikan informasi atau ide. Setelah didapatkan hasil dari konferensi di tingkat daerah atau regional, diadakanlah konferensi di tingkat nasional dengan representatif dari masing-masing konferensi regional untuk mendapatkan solusi bersama terhadap permasalahan Bangsa Indonesia saat ini.

Dengan kelebihan dan kekurangannya, kegiatan Indonesian Youth Conference menjadi tonggak penggebrak gerakan pemuda Indonesia. Perlu disadari bahwa sebenarnya kekayaan terbesar Indonesia adalah terletak pada sumber daya manusianya. Pemuda sebagai pemimpin masa depan harus memiliki modal yang kuat untuk dapat bersaing di kancah global. IYC 2011 ini membuktikan adanya kepedulilan, keinginan, niatan serta adanya usaha dari para pemuda Indonesia untuk berkontribusi dan membangun Indonesia yang lebih baik. BANGKITLAH PEMUDA DAN JAYALAH INDONESIA.(setiawandody)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s