Seni dan Islam

Dialog Tokoh bersama Ust. Kamaludin

Seni merupakan penjelmaan rasa indah yang dituangkan dalam bentuk karya yang dapat dirasakan oleh panca indra: penglihatan (seni rupa), pendengaran (musik) ataupun gabungan keduanya (drama). Seni merupakan anugrah dari Allah SWT karena Allah indah dan menyukai keindahan. Hal ini dapat juga dilihat dari penciptaan manusia seperti yang tertuang dalam Al Qur’an yaitu Allah menciptakan manusia dengan sebaik-baiknya.

Seni sendiri memiliki beberapa fungsi yang dapat dibagi menjadi dua grup yaitu fungsi bagi diri sendiri dan fungsi bagi social. Untuk diri sendiri seni berfungsi sebagai bentuk luapan emosional sedangkan untuk social seni berfungsi untuk rekreasi atau hiburan, sebagai media komunikasi, sebgai media pendidikan dan juga untuk kegiatan rohani. Namun begitu tidak ada fungsi seni untuk mencari nafkah karena sebenarnya tujuan utama dari penampilan seni adalah untuk mensyukuri anugrah yang diberikan oleh Allah SWT. Kalaupun ada pemberian uang itu hanya sebatas apresiasi dan tidak merupakan keharusan.

Pada dasarnya segala sesuatu adalah mubah kecuali ada dalil yang mengharamkannya. Demikian juga dengan seni, dalam Islam tidak ada dalil yang mengharamkan seni sehingga seni bersifat mubah. Namun, pada kasus tertentu jika seni menimbulkan banyak kemudharatan maka seni tersebut bersifat haram seperti konser music yang menimbulkan tawuran ataupun pelecehan seksual. Seni dalam Islam memiliki beberapa karakteristik yaitu bernilai ibadah karena mengandung nilai-nilai agama, mengandung identitas kelompok dan juga sebagai syiar.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s