PEMUDA JUGA PEDULI PERUBAHAN IKLIM

Untuk pertama kalinya, Dewan Nasional Perubahan Iklim (DNPI) menyelenggarakan kegiatan bertajuk “Youth for Climate Camp”. Kegiatan ini telah dibuka oleh ketua harian DNPI, Bapak Rahmat Witoelar di Museum Bank Mandiri pada 28 Oktober lalu dan dilanjutkan di Sawangan Golf and Resort, Depok sampai tanggal 30 Oktober 2011.
Dengan mengusung tema “bertanah air satu, tanah dan air Indonesia” kegiatan ini mencoba merangkul pemuda-pemudi dari berbagai latar belakang daerah serta agama untuk turut serta berdiskusi bersama membicarakan solusi perubahan iklim. Diskusi dimulai dengan talkshow wawasan kebangsaaan oleh Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana. Para ahli perubahan iklim seperti Amanda Katili dan Armi Susandi juga memberikan presentasi permasalahan perubahan iklim.
Hal yang paling unik dari acara ini adalah diskusi antar umat beragama. Masing-masing peserta dengan agama yang sama dikumpulkan dalam grup kecil lalu mereka berdiskusi mengenai landasan masing-masing agama terhadap kewajiban manusia terhadap lingkungan. Hasil diskusi grup-grup kecil ini disampaikan dalam sesi pleno sehingga seluruh peserta mengetahui bahwa terdapat dasar yang jelas pada seluruh agama bahwa manusia harus peduli dan bertanggung jawab menjaga lingkungan.
Kegiatan ini ditutup dengan pembacaan Ikrar Pemuda Peduli Iklim. Dalam ikrar ini terdapat tiga pilar utama yang diangkat, yaitu 1) persatuan, mereka dipersatukan dalam keberagaman wilayah asal serta agama, 2) peduli lingkungan, mereka sebagai anak muda harus peduli dan mengetahui tentang permasalahan lingkungan khususnya dampak perubahan iklim 3) aksi nyata, mereka bertekad untuk melakukan aksi nyata melalui adaptasi dan mitigasi dalam organisasi mereka.
Acara ini telah berhasil memberikan kerangka kerja bagi pemuda untuk berdiskusi bersama-sama serta merumuskan solusi-solusi praktis permasalahan perubahan iklim. Oleh karena itu, kegiatan diharapkan menjadi kegiatan tahunan dan melibatkan lebih banyak pemuda dari berbagai daerah.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s