IPB BERIKAN PENAKAR HUJAN PADA SISWA SMA

Untuk kedelapan kalinya BEM FMIPA IPB mengadakan kegiatan bertajuk PESTA SAINS NASIONAL (PSN) pada tanggal 12-14 November 2011 di Institut Pertanian Bogor. PSN merupakan kegiatan perlombaan berbagai bidang keilmuan di fakultas MIPA IPB yang diikuti oleh lebih dari 1000 siswa-siswi SMA dari seluruh Indonesia.

HIMAGRETO (Himpunan Mahasiswa Agrometeorologi) yang merupakan salah satu organisasi kemahasiswaan di FMIPA IPB juga ikut berpartisipasi dalam PSN 2011. Mereka mengadakan kegiatan perlombaan Meteorologi Interaktif (METRIK). METRIK merupakan perlombaan di bidang ilmu meteorologi. Kegiatan perlombaan ini meliputi lomba cepat tepat dan presentasi alat-alat meteorologi.

Selain mengikuti perlombaan, para siswa juga mendapatkan kuliah umum dari Dr. Edy Hermawan dari Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Beliau menjelaskan hubungan varaibilitas iklim di samudra pasifik dengan variabilitas curah hujan di Indonesia. Walaupun topik yang diangkat agak berat, seluruh siswa cukup antusias mendengarkan kuliah tersebut. Mereka banyak mengajukan pertanyaan dari materi yang disampaikan.

Bagi siswa SMA, mungkin meteorologi merupakan ilmu yang asing atau jarang didengar. Padahal, sebenarnya meteorologi merupakan ilmu yang dekat dengan mereka. Mereka dapat memahami ilmu meteorologi secara mudah dengan memperhatikan kejadian-kejadian alam di sekitar seperti hujan, awan dan angin.

METRIK 2011 merupakan salah satu METRIK yang paling spesial karena seluruh peserta akan mendapatkan hadiah, walaupun mereka tidak juara. Departemen Geofisika dan Meteorologi yang membawahi HIMAGRETO berniat memberikan penakar hujan kepada seluruh peserta untuk dipasang disekolah masing-masing.

Pemberian penakar hujan ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa terhadap karakteristik hujan. Dengan memasang penakar hujan, mereka dapat mengetahui berapa curah hujan yang turun dalam sehari, sebulan bahkan setahun. Jika data tersebut dikumpulkan secara rutin, maka akan menjadi data klimatologi yang sangat berguna dalam meningkatkan skill pendugaan curah hujan wilayah.

Penakar hujan ini diproduksi langsung oleh para mahasiswa di workshop instrumentasi meteorologi milik Departemen Geofisika dan Meteorologi IPB. Workshop tersebut telah banyak menghasilkan alat instrumentasi unsur-unsur cuaca yang digunakan oleh berbagai instansi di seluruh Indonesia.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s