KULIAH GAK HANYA UNTUK KERJA

Terlalu sederhana jika tujuan berkuliah hanyalah untuk mendapatkan pekerjaan. Label mahasiswa melekat dengan makna yang lebih tinggi. Selain berperan sebagai pelajar yang memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu, mahasiswa juga dituntut untuk kritis dan faham terhadap permasalahan bangsa. Dunia perkuliahan merupakan saat-saat untuk mengembangkan diri karena ada banyak hal yang akan didapatkan selain sekedar gelar sarjana untuk mencari pekerjaan.

Mahasiswa, khususnya program sarjana merupakan calon lulusan yang tidak siap pakai, berbeda dengan mahasiswa diploma yang sudah dibekali kemampuan praktis. Untuk masuk dunia kerja, perusahaan perlu memberikan pelatihan terkait bidang pekerjaan yang akan dijalani. Dengan alasan ini, bekerja dalam bidang yang tidak sesuai dengan jurusan saat kuliah bukanlah merupakan permasalahan tapi lebih kepada sebuah tantangan.

Selain itu, dalam dunia kerja (khususnya bidang non kependidikan dan non penelitian) hard skill yang didapatkan selama berkuliah hanya menyumbang kurang dari 30 persen kesuksesan seseorang, sisanya adalah soft skill, seperti sikap, kemampuan berkomunikasi dan kejelian dalam bernegosiasi. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan non akademik melalui kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler atau organisasi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s