Kenapa milih kuliah di Taiwan (?)

Well, sebenernya dulu daftar beasiswanya gak di Taiwan aja sih. Dulu sempet kepikiran daftar di UGM juga. Terus sempat nyoba beasiswa Australian Awards, Fulbright, Monbusho, Turki. Yah, prinsipnya, selama masih ada kesempatan kenapa tidak mencoba? Lebih baik mencoba tapi gagal daripada menyesal karena tidak mencoba sama sekali 😀

10801616_856452564375796_6182821817679504143_n

Awalnya sih denger-denger aja dari cerita teman yang udah kuliah di Taiwan. Dia cerita tentang proses dan bla bla bla nya. Sampai akhirnya dia kasih saran kalau mau daftar kuliah di Taiwan coba daftar juga beasiswa dari Pemerintah Taiwan (seperti beasiswa MOE dan ICDF). Setelah itu saya juga coba googling tentang beasiswa2 tersebut. Dan sampailah juga di blog senior yang juga sama2 peserta program PPSDMS dulunya, yaitu disini. Ternyata Kak Galih ini penerima beasiswa ICDF. Jadi bisa nanya2 juga, hehehe.

Selain itu saya juga buka-buka websitenya beasiswa ICDF, yaitu disini. Dari situ saya baru tahu bahwa beasiswa ICDF ini hanya dikhususkan untuk jurusan-jurusan tertentu saja. Dari sekian puluh jurusan yang bekerja sama dengan ICDF ini, saya tertarik di jurusan IESD di National Central University (NCU). Simply speaking, di IESD saya bisa belajar tentang GIS dan energy technology, sama seperti yang saya rencanakan untuk penelitian S2. Selain itu, IESD adalah program internasional jadi gak perlu mahir bahasa mandarin dulu. Websitenya ada disini.

Ini nih beberapa alasan kenapa saya suka Taiwan,

  • Taiwan, memang belum diakui PBB sebagai sebuah negara #ribetbangetalasannya. Tapi kalau dilihat secara langsung, Taiwan ini negara yang maju (pake banget kalau dibandingin sama Indonesia, hehe).
  • Biaya hidup disini relatif murah bila dibandingin sama Jepang atau Singapore. Tapi pendapatan perkapitanya relatif tinggi dan rakyatnya hidup makmur dan sejahtera.
  • Selain itu, bisa dibilang negara ini jarang atau gak ada kriminal (pernah teman saya ketinggalan HP di taksi dan beberapa hari setelahnya HP tersebut dibalikin).
  • Public transportation yang super kece, kaya MRT, BRT, high speed railway, local train, yang (mungkin) bikin orang “males” naik kendaraan pribadi.
  • Dana penelitian dan pendidikan yang gede. Temen2 yang beasiswa dari DIKTInya kurang atau gak lancar masih ketolong beasiswa dari professor atau labnya. Kalau dengerin kuliah Energy Economic and Policy, emang ini rencana jangka panjangnya Taiwan buat ningkatin total factor productivity (TFP). Info tambahan dari Prof yang barusan ngasih ceramah, di Taiwan, satu perusahaan bisa punya 5000an patent, dibandingkan Indonesia yang saat ini hanya punya 3000an patent.
  • Taiwan ini bersih banget, ampe “sungkan” kalau mau buang sampah sembarangan. Kayanya setiap orang bertanggung jawab sama sampahnya sendiri. Jadi di dorm saya gak ada tempat sampah. Kita yang nyimpen sampah kita sendiri sampai numpuk, trus baru dibuang ke truk sampah yang nyamperin tiap sore. Sampahnya pun dipisah General sama Recycle.
  • Nyari makanan Indonesia gampang, hahaha. Minimal seminggu sekali lah catering. Menunya bisa rendang, bakso, mie ayam, dll.
  • Ini nih artikel yang ngegambarin salah satu kota di Taiwan.

Selain semua itu, salah satu alasan kenapa belajar di Taiwan adalah saya bisa belajar bahasa mandarin. Sebelumnya saya kerja di perusahaan kontraktor dan saat itu banyak berhubungan dengan perusahaan dari China dan Taiwan (Bukan banyak lagi sih, tapi hampir semuanya, hahaha). Ekonomi China memang sedang bagus. Selain itu, produk-produk China maupun Taiwan sudah banyak yang masuk ke Indonesia. Jadi, saya pikir kedepannya akan banyak kerja sama antara Indonesia dengan kedua negara ini. Dan mungkin ketika kita faham bahasa mandarin, kita sudah punya modal kuat untuk terlibat aktif di hubungan Indonesia dengan China ataupun Taiwan ini. Sebenernya gak hanya Indonesia, negara lain juga banyak berhubungan dengan China. So, no reason not to study mandarin when we have chance.

Advertisements

3 thoughts on “Kenapa milih kuliah di Taiwan (?)

  1. Perkenalkan saya Yoga GFM 51.., Wahhh kerenn.. dulu persyaratannya apa aja kak daftar beasiswa ini?biar bisa ancang-ancang hehe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s