Refleksi Tahun 2015

Banyak banget hal yang terjadi di tahun ini. Semuanya terasa begitu cepat.

12309285_1090688437632273_678392780_n.jpg

 

Januari

Awal-awal tahun dulu masih disibukkan dengan persiapan ICD yang diadakan bulan Maret. Terus mulai gabung juga di kepengurusan PPI Taiwan. Ya alhamdulilah banyak dapat relasi dan pengalaman disini, sesuai tujuan awal. Tapi memang kontribusi kurang. FYI, barusan aja masih ngerjain buku kumpulan esai yang merupakan salah satu proker divisiku.

Februari

Rencana awalnya pengen cari tempat magang buat winter vacation, tapi ya ternyata susah. Di bulan ini masih sibuk latihan buat persiapan ICD sih. Selain itu juga, ngebut buat ngejar beresin 2 paper, buat konferensi dan lomba paper ICDF.

Maret

Maret pas kegiatan ICD. Setelah 3 bulan persiapan masih aja banyak minus nya. Pengalaman memang guru yang terbaik. ya semoga ICD tahun depan bisa lebih baik. Di bulan ini juga dipaksa buat jadi ketua PPI NCU. Ya memang pada awalnya kurang siap tapi seiring berjalannya waktu banyak belajar juga. Oiya, di bulan ini juga mulai bergabung dengan keluarga NCU Toastmasters. Yah, emang agak berat, di tahun ini pegang 3 amanah 😀

April

Di bulan April kayanya gak ada yang spesial :p

Mei

Di bulan Mei ada lomba paper ICDF, dan alhamdulilah dapat award Outstanding Work. Selain itu, sempat juga ikut konferensi bareng Profesor Wu di Taichung. Oiya, akhir bulan ada KDEI Cup. Sempat deg-deg an juga sih, tapi alhamdulilah lancar.

Juni

Bulan Juni itu final exam dan persiapan mau pulang. Oiya, ada wisuda juga, anak2 banyak yang mau lulus.

Juli

Bulan Juli ini pendek banget kerasanya. Awal Juli udah di Indo tapi langsung ke Subang buat ketemu Pak Iskandar dan Bu Tri Mumpuni. Tinggal 3 hari disana banyak diskusi tentang pembangunan desa-desa tertinggal, konsep berbagi dan kesederhanaan. Selain itu juga sempat interview buat internship di GIZ Indonesia, tapi akhirnya gak diambil. Setelah itu juga ketemu beberapa teman kuliah dan teman SMA di sekitaran Jabodetabek.

Idul Fitri cuman 2 minggu di rumah. Karena harus langsung balik lagi ke Jabodetabek.

Agustus

Akhirnya gak jadi magang di GIZ tapi magang di IBEKA (kantornya Bu Puni). Disana ketemu anak Stanford yang super pinter dan juga anak Perancis yang kebetulan juga sama-sama magang. Di IBEKA lebih banyak belajar tentang konsep bisnisnya IBEKA dan juga ngajarin dan ngerjain GIS buat PLTMH. Memang bukan organisasi besar dengan struktur yang rumit dan profesional, tapi IBEKA serius buat bangun Indonesia.

Di bulan ini juga sempet ke nikahannya anaknya Bu Puni. Konsep pernikahan yang luar biasa. Sederhana tapi menarik banget. Karena resepsi dan akad nikahnya di depan air terjun. Yang lebih wow lagi, tamu-tamunya mantan menteri dan petinggi-petinggi dari Jakarta.

Oiya, selama di jabodetabek ditumpangi sama temen SMA yang super baik. Karena selain itu, hampir tiap hari dibeliin sarapan dan makan malam.

September

Awal September internship beres. Belum banyak diskusi dengan Bu Puni sih, tapi udah lumayan deket sama staf-staf nya. Dapat ide dan beberapa data juga buat dibawa ke Taiwan buat tesis. Sebelum balik ke Taiwan, sempet pulang dulu ke rumah, trus berangkat dari Surabaya.

Setelah di Taiwan lagi, ngerasa agak beda karena kebanyakan temen-temen udah pada lulus dan balik ke Indonesia. Tapi disini juga banyak teman-teman baru yang datang. Welcome party buat new students jadi ajang yang seru buat saling kenalan antar anggota PPI NCU. Dan disini juga ngerasa peran PPI buat jadi keluarga kedua selama kita di rantau, intinya saling menyemangati dan saling membantu.

Oktober dan November

Mulai serius ama tesis karena udah tahu mau ngerjain apa aja. Seiring berjalannya waktu banyak masalah baru yang muncul. Tapi disitulah kita belajar.

Desember

Ada yang bikin sedih di bulan ini. Tapi ada banyak hope juga, at least sudah ada rencana untuk beberapa bulan ke depan.

Advertisements

2 thoughts on “Refleksi Tahun 2015

  1. Halo, salam kenal mas dody. Dari tulisannya di atas, mas pernah internship di ibeka ya? Saya tertarik juga tentang socioenterpreneur berbasis teknologi yang dilakukan oleh Bu Puni dkk di ibeka. Kalo boleh tau, bgmn caranya mas utk dapat magang di ibeka? Saya sdh buka web ibeka serta googling internship disana, namun belum dapat informasinya. Terimakasih sebelumnya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s