About

DSC_0705 (Medium)

Dody Setiawan. Renewable energy and environmental issues enthusiast. Business Development at Genta Energy. Freelance graphic and website designer. Applied Meteorology graduates from Bogor Agricultural University. Founder of Creative Learning Club GEOMET. A safety player, good listener, and art lover. http://www.sunesia.com

Contact :

Advertisements

109 thoughts on “About

  1. selamat kakak atas kemenangan kakak menjadi juara 1 di Pemilihan mahasiswa berprestasi tingkat fakultas di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA).

    eh, sebelumnya. salam kenal kak,
    saya itu adalah insya alloh “calon mahasiswa ipb di jurusan meteorologi terapan,” 🙂

    kak menurut kakak yang uda ngerasain jadi mahasiswa meteorologi susah2 ga kak pelajarannya?? aku takut kak 😥

    • iya, terima kasih 🙂
      kamu masih SMA atau sudah di IPB tingkat 1?
      meteorologi itu jarang peminatnya, namun sebenernya saat ini bidang ilmu meteorologi sangat dibutuhkan melihat isu-isu perubahan iklim terus berkembang.
      pelajaran2nya enak kalau kamu suka matematika dan fisika. Intinya mata pelajaran di meteorologi tuh seperti fisika aja, hapalannya dikit cuma harus memahami konsep, seru kok dek. kegiatan kemahasiswaanya (HIMAGRETO) juga seru

      • aku masih SMA kak,, 🙂
        alhamdullilah dapet SNMPTN undangan, aku ngisi pilihan satunya di IPB meteorologi.,

        oh gitu ya kak, eh kak bedanya meteorologi terapan sama meteorologi saja apa kak ??
        dosennya baik- baik ga kak ? 🙂 hhe

      • owh, oke2,
        meteorologi murni tu lebih ke teori, kalau terapan lebih ke bagaimana penerapannya di berbagai bidang, misalnya pertanian, penerbangan, kelautan, perkebunan, dll jadi lebih aplikatif
        dosennya baik2 dan keren2 kok, 2 prof kita malah dapat nobel lho karena kontribusinya dalam IPCC
        jadi gak ada yg perlu ditakutkan dan diragukan
        😀

    • wa’alikumsalam wr wrb

      wah, curious banget ya, haha awan itu sebenernya kumpulan uap air seperti halnya air yang direbus dimana air selalu bergerak ke bagian atas, permukaan bumi memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan atmosfer sehingga uap air juga bergerak ke atas dan membentuk awan nah, kenapa awan tidak jatuh? karena awan dipengaruhi oleh stabilitas armosfer nanti dipelajari di GFM, agak ribet soalnya, hehe

      semoga mencerahkan

    • wa’alikumsalam wr wrb

      wah, curious banget ya, haha
      awan itu sebenernya kumpulan uap air
      seperti halnya air yang direbus dimana air selalu bergerak ke bagian atas,
      permukaan bumi memiliki suhu yang lebih tinggi dibandingkan atmosfer sehingga uap air juga bergerak ke atas dan membentuk awan
      nah, kenapa awan tidak jatuh?
      karena awan dipengaruhi oleh stabilitas armosfer
      nanti dipelajari di GFM, agak ribet soalnya, hehe

      semoga mencerahkan

      • oowhg. gtu ya kak,,.
        iya ya ya,, ngerti kak,. 🙂
        makasii kak, uda agak cerahh skarang mah ,, hhee

        eh kak mau tanya lagii,, bolee ?? 🙂

        yang ngebedain derajat Celcius ama Fahrenheit tu apa ?? 🙂

        maaf nii kak aku banyak nanya . 🙂

    • Ka aku mau tanya ni , sekarang ini aku itu lagi galaui galaunya rencananya pengen ke ipb , tapi pusing nntuin pilihannya mau kemana ajaaa ,. Kalo meteorologi terapan di ipb itu emang belajarnya itu full fisikanya ya ka ? Soalnya aku sndiri ga terlalu suka sma pelajaran yang satu itu ka .

    • Ka aku mau tanya ni , sekarang ini aku itu lagi galaui galaunya rencananya pengen ke ipb , tapi pusing nntuin pilihannya mau kemana ajaaa ,. Kalo meteorologi terapan di ipb itu emang belajarnya itu full fisikanya ya ka ? Soalnya aku sndiri ga terlalu suka sma pelajaran yang satu itu ka . Makasih ka , reply segera ya hehehe

      • alsa,
        sorry for the late reply,
        jadi kenapa aku dulu kuliah di GFM (Geofisika Meteorologi) karena aku suka fisika, dan pada kenyataanya emang bener banyak fisika di jurusan ini. Kalau kamu kurang terlalu suka mending jangan dipaksain. Mending cari jurusan yang memang bener-bener passion kamu. Kalau sudah suka sama apa yg dipelajarin, belajarnya juga enak dan semangat sehingga chance untuk dapat nilai tinggi juga gede.
        Kalau kamu pengen kuliah di IPB karena universitasnya gk apa2 sih, wajar aja. Dan IPB juga bagus kok, dari segi lingkungan, facility, pengajaran. Tapi kalau jurusannya sepertinya harus dipertimbangkan lagi deh.

        Thanks n good luck

  2. wow,,, k’, saya mau nanya,
    Ujian SBMPTN kemaren, pilihan 1 sama 2 aku IPB,,,
    Pilihan 1. ILKOM
    Pilihan 2. Meteorologi,,

    menurut kk gimana ? ada g’ kesempatan lolos di Meteorologi IPB ??

    • secara prioritas pilihan udah bener sih karena biasanya ilkom lebih banyak peminatnya, dan semuanya juga udah sama2 terakreditasi A. Ya semoga saja diberikan yang terbaik Ton
      GFM seru kok 😉

  3. Kak aq mau tanya, aq kan bru ktrima d ipb meteorologi terapan lewat jalur BUD. Benar ga di ipb tu dosen kalau ngajar selalu pakai b.inggris? TKS

    • Hello Kristian, sorry for the late reply,

      Firstly, congratz ya 🙂
      Sebenernya pada perkuliahan biasa, dosen mengajar pakai bahasa Indonesia. Tapi untuk di meteorologi sendiri, sering ada public lecture dengan mengundang partner dari luar negeri, seperti dari Meksiko, Jepang, Jerman, dll.

      Any other question, dont hesitate to ask me.
      Regards

  4. kak, katanya meteorologi itu jurusan yg peluang kerjanya jarang, bener ngga tuh?
    kalau alumni meteorologi ipb sendiri kebanyakan pada kerja dimana biasanya?
    terima kasih ^-^

    • Hallo Suci, nice to hearing from you. Sebenarnya kalau peluang kerja bukan jarang, tapi lowongan pekerjaan yang pure di bidang meteorologi memang jarang, karena hanya instansi-instansi pemerintah seperti DNPI, CCROM, BMKG, LAPAN, LIPI, BPPT, PPKS, BIG yang membutuhkan. Namun, bidang aplikasi meteorologi banyak sekali. Seperti, saya sekarang bekerja di bidang renewable energy. Aplikasi meteorologi tidak harus pure, tapi pemahaman ilmu meteorologi yang diaplikasikan dalam berbagai bidang.
      Alumninya ada yang di bidang penelitian (CCROM, LAPAN, BMKG, dst), pemetaan GIS (Biotrop, Exsamap, WWF, CIFOR, etc), trus kontraktor, Chevron juga pernah ada sih, Bank lumayan banyak, hehe, trus sawit juga ada.

    • Hallo adel, di geofisika meteorologi IPB (GFM) kita mempelajari gejala2 atmosfer, cuaca, iklim dan hidrologi. Jadi kalau sekarang banyak isu lingkungan dan perubahan iklim, di GFM banyak dibahas itu. Terus kalau peluang kerja sih macem2, ada yang di bidangnya ada yang tidak. Yang sesuai bidangnya ada yang di pemetaan, lembaga penelitian (CCROM, LAPAN, BMKG, BPPT), WWF, dll. Any more question? let me know

  5. kak sy mau tanya lagi, menurut kakak hal apa yang masih kurang dan belum diperhatikan dari perkembangan ilmu meteorologi di Indonesia khususnya? Terima kasih sebelumnya

    • sebenarnya banyak hal sih, simplenya aja, data iklim di Indonesia sangat kurang lengkap. Bahkan sitting stasiun2 cuaca BMKG banyak yang tidak sesuai standar WMO. Jadi validitas datanya pun dipertanyakan. Makanya dalam penelitian ilmu meteorologi banyak menggunakan data dari climate modelling atau dari satelit. Data dari satelit pun, resolusi spasial dan temporalnya juga kurang tinggi. Hehe.

  6. Assalammu’alaikum kak.
    Kak, saya skrg duduk dikelas 12. Saya pengen bgt ngelanjutin ke jurusan GFM di IPB. Cuma saya msh bimbang kak, soalnya kata kakak saya jurusan itu belajarnya susah, dia ngelarang saya buat ke jurusan itu. Sebenarnya seberapa sulit kira2 pembelajaran di GFM kak? Soalnya saya tidak terlalu ‘wah’ di fisika maupun matematika di SMA, tp saya suka sm kdua pelajaran ini si smp.
    Tolong dibalas 🙂

    • Waalaikumsalam Wr Wb,

      Hallo Ade, kalau menurut saya susah tidaknya belajar di sebuah jurusan itu relatif. Kalau kita udah suka sama jurusan itu dan berniat untuk berkarir di bidang itu, ya nothing will be difficult. Karena kalau kita dah suka maka belajar pun juga semangat 🙂

      Sekedar informasi, memang jurusan GFM itu core nya di fisika dan matematika. Tapi dalam perjalanannya Ade akan disuruh untuk memilih fokus, apakah di meteorologi (mainly berhubungan sama fisika dan matematika kalkulus, ada juga pencemaran udara – berarti kimia), klimatologi (lebih berhubungan dengan statistik), hidrologi (berhubungan dengan matematika dan fisika), atau agrometeorologi (ada biologinya pastinya). Jadi semua balik lagi ke Ade kedepannya mau berkarir di bidang apa.

      I was graduated and I feel it was fun. Hopefully helping.

  7. Makasih atas jawabannya kak.
    Oia kak, boleh nanya sekali lagi kan?
    Kalo menurut kakak sendiri, apa saja tantangan-tantangan yang kakak hadapi selama kuliah dijurusan ini kak?

    • Tantangannya sih, pas penelitian susah cari data. Data dari stasiun BMKG tidak lengkap, makanya sering kali pakai data model atau data satelit. Trus karena profesornya pada sibuk, jadi pas ketemu buat konsultasi gitu rada susah. Tapi overall semua itu bisa diatasi dan saya sendiri banyak belajar disana. 🙂

  8. Ka mau nanya nih. Aku pengen masuk meteorologi terapan, tapi aku gapinter amat fisika sama mtk. Kalo suka sih suka sama pelajaran itu, tp apa daya otak tdk memenuhi syarat 😀 . Mending coba masuk atau cari jurusan yg lain aja yah? 😦 makasih =)

    • Hallo Neni, sorry for late reply. Sebenarnya kalau suka mah, apa aja bisa dipelajari. Tergantung Neni kedepannya mau berkarir dimana. Kalau berkarir di dunia meteorologi, kebencanaan, pemetaan, hidrologi atau pertanian ya itu cocok banget.

      Semoga membantu ya.

  9. Kak, saya niatnya mau ngambil jurusan meteorologi di snmptn tahun ini. Jadi menurut kakak mana yang priritas no.1 , apakah meteorologi terapan atau silvikultur? Passing gradenya tinggian yang mana kak?

    • Kalau memang suka dengan meteorologi, langsung saja ambil meteorologi 😀 kebetulan saya dulu masuk gak lewat SNMPTN, tapi setahu saya anak meteorologi pada pinter-pinter kok, hehe. Kamu cari informasi aja mengenai kedua jurusan tersebut, gimana kuliahnya, peluang pekerjaan, dll. Yang paling penting adalah pilih jurusan yang memang sesuai dengan passion kamu.

      Good luck ya 😉

  10. Kak mau tanya dong, sekarang untuk snmptn aku niat ambil meteorologi ipb tapi tiba tiba juga mau geografi ui. menurut kakak yang mana yang didahulukan ya? dan di ipb itu bagaimana lingkungannya? apakah ada semacam kelompok kebudayaan? terimakasiih

    • halo ay,

      Kebetulan aku gak terlalu tahu tentang geografi UI. Tapi aku bisa menjelaskan kalau di Meteorologi IPB kamu juga belajar GIS dan remote sensing, selain core programnya sendiri di meteorologi. Lebih baik prioritaskan yang sesuai sama cita-cita kamu.

      Kalau kelompok kebudayaan, di IPB ada UKM Gentra Kaheman, mirip sanggar kesenian yang mengangkat seni tradisional dari daerah-daerah. Di IPB juga ada festival tahunan Gebyar Nusantara dimana setiap organisasi daerah dari seluruh Indonesia menunjukkan kekayaan daerahnya masing-masing, baik dalam seni, masakan ataupun keunikan daerahnya. cek ini http://greentv.ipb.ac.id/videos/gebyar-nusantara-2012/

      Semoga membantu 🙂

      • wah seru juga tuh kayaknya 😀 tapi kalau dari minat kira kira lebih banyak yang minat ke geografi ui atau meteorologi ipb ya kak? dan kira kira kenapa guru saya selalu menekankan bahwa ipb tidak mau di nomer dua kan ya kak?

      • Waduh, kurang tahu juga itu, hehe

        Tapi memang mahasiswa IPB sama2 berprestasi dengan mahasiswa UI. Bahkan setiap tahun IPB selalu masuk 3 besar mahasiswa berprestasi nasional. Hehe. its up to you. Coba dilihat aja isi jurusan masing-masing. Mata kuliah, kerja sama penelitian dan bidang pekerjaanya. Kemudian kegiatan mahasiswanya juga.

        🙂

  11. halo kak, maaf yah kak sebelumnya salam kenal. gini kak aku mau nanya kan aku dapat gitu kesempatan dikasi undangan nah pilihan pertamanya aku pilih silvikultur kak trus aku bingung mau ambil fisika atau meteorologi terapan di Ipb. bagusnya yang mana kak? trus kaka having fun ga kuliah disana? 🙂 terimakasih

    • Hallo,

      Of course I was having fun 🙂
      Kalau milih fisika atau GFM itu balik lagi ke kamu. Kamu lebih suka geografi atau fisika teknik. Soalnya kalau di GFM kebanyakan mempelajari fisika alam. Kalau di Fisika lebih banyak mempelajari fisika untuk teknik. 😀

      Semoga membantu

  12. Kak, aku udah baca komen2 diatas, hihi. Tanya dong kak, fisika alamnya nggak ada listrik gitu kan? aku suka fisika, asal jangan listrik yang rangkaian itu. Pusing. By the way, aku lumayan bisa di fisika, kalo matematika suka. Aku pilih meteorologi terapan karena aku suka materi ini sewaktu ikut OSN kebumian. Salah ga sih kak aku milihnya? aku suka ilmunya tapi fisika cukup mampu. Menurut kakak gimana? Thanks ya kak, salam kenal 🙂

    • Halo Linda, salam kenal

      Wah, bagus kalau kamu udah punya dasar fisika dan matematika, apalagi suka ama fisika. Karena kebanyakan matkulnya berkaitan sama fisika.

      Iya gak ada tentang listrik kok. Tapi kalau kamu mau mendalami instrumentasi meteorologi (alat ukur meteorologi), kamu perlu paham tentang elektronika dasar. Tapi itu terserah pribadi masing-masing, kalau aku dulu mendalami GIS dan modelling jadinya seringnya pegang komputer.

      Good luck ya 🙂

  13. Assalamua’laikum.
    Salam kenal kak Dody.
    Aku mau tanya kak. Aku insya allah tahun ini ikut SNMPTN di Ipb. Aku ambil jurusan biokimia . Tp satu lg aku msh bingung antara meteorologi terapan dan agronomi.
    Btw, kalau pelajaran fisika sya ga bgtu suka.. Tapi kak, saya bgtu tertarik dgn jurusan meteorologi trpan tsb.
    Minta saran dong kak , aku masih bingung bgt. Hehe
    Terimakasih sblumnya ^^

    • Waalaikumsalam Wr. Wb.

      Salam kenal Reni,
      Coba difikir-fikir lagi yang kamu sukai dari meteorologi di bagian apanya dan ke depannya mau bekerja di bidang apa.

      Sebagai gambaran, kalau di Meteorologi core-nya memang di fisika. Tapi kalau kamu sukanya sama matkul-matkul tertentu saja, kamu bisa ambil minor atau supporting course meteorologi terapan.

      Tapi saya kurang tahu sekarang sistemnya masih mayor minor atau tidak.

      semoga membantu ya

    • buat choi_reni , haha kita milihnya sama. Agro dan meteorologi terapan. Sukses ya 🙂

      Makasih kak dod, semoga besok jadi adik kelas :D. Alhamdulillah ga ada fisika listrik rangkaian , legaa banget. Kasih saya fisika, asal jangan listrik statis maupun dinamis. Tapi untuk listrik alam semacam petir ketika badai kayaknya tetep ada listriknya ya kak? Makasih 🙂

  14. Halo kak, aku mau ke meteorologi ipb. Sebenarnya aku kurang sreg sih di pelajaran fisika bab listrik, cuma bab listrik doang. Tp kesananya gak ada masalah. Aku suka bgt sm mtk. Kira2 gmn ya kak? Pilih mtk ipb atau meteorologi aja? Di meteorologi belajar listrik gak? Kl nggak, belajarnya bab2 apa kak? Makasiiiiih:D

  15. Kak mau nanya, meteorologi terapan tuh banyak plj kimia ngga? oiya kata kakak nanti bisa kerja di chevron ya? dibagian apanya kak? Makasih kak. oiya salam kenal jg kak, hehe

    • Hallo Ajeng, hmm, kalau kimia ada sih, tapi gak banyak, paling kaya matkul pencemaran udara gitu. Iya, ada kakak kelas yang kerja di Chevron tapi gak banyak sih, hehe. paling banyak di institusi atau perusahaan yang bergerak di bidang lingkungan 🙂

  16. kak mau tanya, kan gmf ini banyak melajarin fisika sama mtk. itu fisikanya cuma teori atau ada hitung2an pake rumus2 gitu kak?

    • Hallo ry,
      betul banget banyak fisika dan matematika. Nah, bagusnya ada teori ada juga aplikasi hitungan. Jadi kita gak hanya membayangkan dengan logika tapi juga ada hitung2an nya. Misalkan pergerakan angin, tekanan udara, dll 🙂

  17. Salam kenal kak.. Aku kls 12 sma lg bngung nih plih prodi buat snmptn.. aku minat meteorologi terapan sama planologi jg.. Basic nya sih aku suka fisika sama mtk.. Nilai di 2 mapel itu paling bgus dr pd yg lain, lmyan ada piagm osn fisika jg.. Klo meteorologi bnyaknya fsika materi apa sih kak? Termodinamika? Soalnya jstru aku krg pham d materi itu.. Klo planologi gmn kak? 😀

    • Hallo Desi, salam kenal 🙂

      Ehmmm, bagus banget kamu punya dasar matematika dan fisika yang kuat, kedepannya pasti bagus. amin. Oiya, di meteorologi terapan IPB ada beberapa lab kamu nanti milih salah satu lab, ada meteorologi, klimatologi, hidrologi dan agrometeorologi. Jadi gak perlu takut tentang termodinamika. Kita belajar itu tapi cuma sedikit, ada statistik juga, ada pertanian, ada GIS, macem2 deh, hoho.

      Hmm kalau di planologi aku kurang faham sih, tapi mungkin lebih ke tata kota, pendekatannya bisa pakai GIS juga mungkin tapi saya kurang tahu.

      Smoga bermanfaat ya penjelasannya 🙂

    • Halo Syahnas, kalau kata temen2 yang pernah S1 di Geomet IPB dan S2 di Meteo ITB, perbedaannya kalau di ITB lebih ke teorinya, sedangkan kalau di IPB lebih ke aplikasinya. Jadi balik lagi ke kamu fokusnya mau kemana kedepannya 🙂

  18. salam kenal ka dody, ka mau tanya nih aku lagi bingung mau ambil jurusan ilmu ekonomi dan studi pembangunan atau meteorologi terapa ya ka? menurut kaka lebih bagus mana berdasarkan propek kerjanya dan materi pembelajarannya? terima kasih ka ^^

    • Hi Adjeng, salam kenal. kalau prospek kerjanya sepertinya lebih banyak ilmu ekonomi, karena bidangnya general dan dibutuhkan di banyak lembaga. Sedangkan meteorologi lebih spesifik dan dibutuhkan di institusi2 tertentu saja. Tapi kalau ilmu ekonomi hampir semua univ ada jurusan itu, sedangkan kalau meteorologi di Indonesia cuma ada 3 (IPB, ITB, AMKG). Jadi ada tradeoff lowongan banyak tapi persaingannya juga ketat, atau sebaliknya. Coba difikirin lagi kira-kira kamu lebih suka dan cocok yang mana. Soalnya keduanya beda banget. 🙂

      • cari kerja dari lulusan ini susah gak sih ka? soalnya kata orang tuaku ini jarang dibutuhkan, jadi mereka lebih nyuruh aku ke manajemen, sedangkan aku belum tau belajar manajemen itu kaya gimana jadi aku belum tau aku suka atau ngga sama manajemen. sedangkan ipa kan aku udah pelajarin ini.

  19. ass.wr.wb kak saya mau nanya, fisika yang dipljari di meteorologi terapan itu kayak fisika yang diplajari di SMA yang lebih ke hitung”an atau gmana ??
    terimakasih 🙂

    • Waalaikumsalam wr wb,

      halo, kalau fisikanya ada yang hitungan, ada juga yang lebih ke logika, misalkan arah angin, terus tekanan rendah tekanan tinggi, temperatur. Ada juga statistiknya. Jadi gak melulu tentang hitungan. 🙂

  20. assalamualaikum, kak saya mau tanya. saya punya niatan masuk ipb met.terapan jalur snmptn kira2 di jurusan ini banyak pelajaran kimianya gak? dan rata2 nilai biar aman bisa masuk situ kira2 brp kak?

    • Waalaikumsalam wr wb,

      Halo leni. Kalau tentang matkulnya setahu saya dikit sekali kimianya. Mungkin di polusi udara dan kimia lingkungan tapi sepertinya sekarang matkul kimia lingkungan sudah gak ada. Kamu coba cek saja di websitenya tentang matkulnya ya. Hmmm, kalau rata-rata nilai saya kurang tahu 🙂

  21. Ka, sekarang saya kan dikelas 12, trus masih bingung mau masuk mana. Setelah saya baca blog ini, kok saya mulai tertarik dengan meteorologi terapan in. Tapi ada beberapa hal yang mau saya tanyakan.
    1. Setelah saya baca beberapa komen2nya kakak, ternyata dasarnya matematika dan fisika ya ka? Saya sangat suka matematika, tapi kurang ke fisika. Jadinya saya mau tanya, apakah fisika yang nantinya ada itu sulit?
    2. Untuk prospek kerjanya, apakah yang diterima di perusahaan nantinya kebanyakan cowok? Atau sebenarnya sama saja antara cowok dan cewek?
    3. Lalu bagaimana kehidupan disana?*plak. Maksudnya apakah tempat tinggal(kos) dan tempat kuliahnya nyaman dan aman, apalagi untuk perempuan.
    Thanks ka. Ditunggu jawabannya. XD

    • Halo acan, lgsg aja ya
      1. Fisikanya lebih ke konsep dan ada itungannya juga sih, lebih ke bab kinematika dan sedikit termodinamika. Jd bisa dipertimbangkan kira2 fisikanya di bagian apa yang kurang suka.
      2. Sama saja kok, lulusan gfm malah banyakan cewek dan banyak juga yang kerja di bidang tersebut.
      3. Tempat kuliahnya kondusif banget buat belajar krn gak di pusat kota 😀 biaya hidup juga lebih murah dubanding univ lain

      Semoga membantu ya

  22. hai ka, salam kenal.
    aku sudah baca semuanya. aku mau nanya, GIS yg kk sebutkan di atas itu maksudnya apa ya? dan sistem mayor minor di ipb itu seperti apa ka?

    • Halo tiara, salam kenal ya

      Hmmm, gis itu lebih ke memecahkan masalah dengan analisis informasi spasial, seperti menganalisis peta, data satelit, dsb. Contoh realnya seperti google earth dan google map. Tapi untuk apliksi spesifik.

      Trus kalau mayor minor itu, selaini kita ambil mata kuliah di jurusan mayor, kita juga bisa ambil matkul di jurusan lain sebagai minor. Setelah lulus, kita dat gelar tambahan minor yang kita ambil. Bisa juga ambil beberapa kuliah dari jurusan lain yang berbera, atau dnisebut supporting course. Tp coba cek lagi di ipb apkalah sistem itu masih berjalan atau tidak.

      😀

      Semoga membantu ya……

  23. salam kenal, keliatannya kakak aktif bales pertanyaan2 di sini
    jadi saya ini ada rencana buat ngambil meteorologi di IPB lewat jalur undangan. tapi ini jadi pilihan kedua saya, soalnya pertamanya Teknik Informatika Unsri.
    pertanyaan saya, pelajaran apa saja yang lebih ditonjolkan di jurusan ini. Saya bisa dibilang lemah di matematik tetapi bagus di fisika. terima kasih

    • Halo faiz, scr general kamu akan mempelajari berbagai aspek atmosfer, dari yang secara fisika terus ada hitunganya, sampai interaksi antara makhluk hidup dan atmosfer. Jd gak melulu tentang hitungan atau matematika. Setelah kuliah setahun di jurusan mungkin km akan tahu kira2 akan fokus kemana. Karena ada beberapa lab, mis. Klimatologi, meteorologi dan pencemaran udara, hidrologi dan agrometeorologi. Ada pula instrumentasi buat bikin alat ukur meteorologi. Gak harus jago banget di matematika. Yang lebih penting faham konsep fisiknya. Thnks.

      Smoga bermanfaat ya. Good luck.

  24. Salam, kak Dody.
    Saya kelas 3 SMA dan rencananya akan pilih Meteorologi Terapan IPB sebagai pilihan pertama untuk SNMPTN. Dari penjelasan kakak, saya tahu bahwa GFM mementingkan nilai matematika dan fisika. Tapi nilai matematika saya sempat turun di semester 5. Hal itu menghambat nggak, ya, kak?

  25. Kaka, mau nanya juga nih. SNMPTN pengen ngambil Meteorologi terapan IPB, mtk lumayan sih, aku suka. Nah yang jadi masalah di fisikanya. Aku suka dan maksain buat sebisa mungkin nguasain fisika, tapi skg pun rasanya itu belum ada materi fisika yang nyantol di otak kak. Soalnya pengaruh gurunya yang sulit nyampe’in materinya. Trus gmn nih kak ? Kalo seandainya lewat SBMPTN soal untuk fisika materinya apa aja ya kak yang paling utama aja ? Jadi bisa nguasain mulai sekarang … Thanks 🙂

  26. Hay kak, inspiratif sekali kak blognya 😀 kak saya udah masuk di gfm 51 sekarang mau smester 2 masih tpb kak, kak saya mau nanya nih, kenapa lulusan gfm bisa kerja ke LAPAN? saya kayanya punya minat kerja di lapan deh kak, kalo nanti udah di departemen saya ambil pembagian kemana ya kak dari 5 lab yang kakak sebutkan di atas, supaya saya berkompetensi masuk ke lapan kak? Mohon pencerahanya kakak ganteng 😀

    • Halo Hazmy,

      Sebenernya LAPAN sama BMKG, kalau saya bilang, hampir mirip. Jadi peluangnya besar banget. kalau masalah labnya, juga terbuka kok kelima-limanya. Hehe. Saran saya kamu coba lihat dulu aja, kuliah di smt 3 dan 4. Nanti bakal ketahuan kamu lebih cocok di lab mana.

  27. Kakak dody yang baik hati satu lagi ya kak, kenapa meteorologi terapan ada geofisikanya? Belajar apa aja kak geofisikanya? Bukanya geofisika tentang kegempaan gitu ya kak, makasih kak

    • Hmmm, kalau geofisika sebenernya cuma 1 matkul saja kalau saya dulu, yaitu tentang geoscience. itu lebih ke morfologi bumi. Dasarnya bisa kepake di GIS. Saran saya kamu perdalamin juga GIS atau geographic information system ini. Karena prospek kerjanya lumayan bagus.

  28. Assalamualaikum kak
    Saya ambil snmptn tahun ini prodi nya meteorologi terapan, tp saya takut gak bisa menguasai pelajaran disana nntinya, sy minat dan niat bgt di jurusan ini karna liat prospek kerja nya ke bmkg. Mhn pncerahannya kak. Kira2 bgsnya saya ttp milih ini atau jurusan lain 🙂 trmksh kk

    • Waalaikumsalam,
      kalau kamu suka fisika n matematika itu udah cukup buat lulus dari jurusan ini, hehe. Oiya, peluang kerjanya gak hanya di BMKG aja, di bidang pekerjaan lain juga banyak kok.Good luck ya 😀

      • Oh gitu ka. Kalau buat SNMPTN jurusan meteorologi terapan diliatnya nilai semua mapel yang diUNkan atau cuma matematika,fisika, bahasa indonesia sama bahasa inggris aja ka?

  29. Hai kak dod, aku minat sekali ke meteorologi terapan, aku pilih di pilihan pertama dan keduanya fisika di IPB. Kalau menurut kaka apa urutan pilihan saya sudah benar menurut passing grade jurusannya?
    Lalu nilai mtk dan fisika saya alhamdulillah bagus kak, namun nilai kimia saya standar. Itu gmn ya ka?

    • Halo Desi,

      Menurut saya itu udah pas kok. Karena kalau tidak salah peminat di Meteorologi lebih banyak daripada fisika ipb. Kalau Kimia dipakainya dikit di jurusan ini. Kalau mtk n fisika nya oke udah cukup banget. hehe. good luck ya.

  30. ka saya mau tanya doong, kalau bedanya meteorologi terapan ipb sama meteorologi itb apa ya? saya lagi kebingungan nih, hehe.. oiya ka, kalau bisa balesnya agak cepet ya soalnya saya milih jurusan via undangannya minggu ini harus udah milih. makasih kaa

    • Halo aji, bedanya kalau meteorologi ITB lebih ke teori sedangkan kalau meteorologi IPB lebih ke aplikasi, aplikasinya pun macam2, gak hanya pertanian, tapi juga peternakan, polusi udara, hidrologi, dll. Kalau kamu suka matematika kalkulus mngkin lebih cocok di ITB, tapi kalau suka fisika, matematika secara umum saya sarankan IPB karena skills yang ditawarkan akan banyak banget. Good luck ya.

  31. ka setelah baca komen diatas aku jadi tertarik masuk meteorologi. aku suka bgt sma fisika. tapi bingung sama pilihan 1 lagi nya…

  32. halo kak, saya mau tanya dong kak. lulusan meteorologi terapan ipb apakah semua langsung dapat pekerjaan setelah lulus? trus saya bingung juga kak masalah referensi buku-buku yang dipake buat belajar nanti, apakah di perpus byk disediakan buku2 untuk jurusan ini?krn yg saya baca diatas jurusan ini hanya ada di 3 universitas. ohiya satu lagi kak, apakah lulusan jurusan ini ada yg bekerja di bank juga? kalo ada, kenapa bisa gt kak? padahal ilmunya kan jelas beda? itu aja dulu kak, ditunggu jawabannya yaa

    • Halo mega, kalau lulusan, gak semuanya langsung dapat kerja, beberapa menunggu, tapi biasanya gak lama, sekitar sebulan an. Tapi ini bisa disiasati dengan coba mencari kerja pas sebelum lulus.

      Kalau untuk buku sih banyak kok di perpustakaan, lumayan lengkap. Bukunya kebanyakan bahasa inggris. Jadi lumayan bagus sebagai proses pembelajaran. 😀

      • oh syukur lah kalo bukunya lumayan lengkap. Kira-kira pekerjaan yang paling bagus untuk jurusan ini dimana ya kak? Trus gimana caranya agar setelah lulus kuliah langsung dapat pekerjaan itu? apakah selama kuliah harus selalu berprestasi supaya langsung dapat kerja? makasih kak, maaf banyak nanya 😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s